RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
SD :
_______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : III
/ 1
Standar Kompetensi : 1. Membaca surah-surah Al-Qur’an
Kompetensi Dasar : 1.1 Membaca Al-Qur’an surah Al-Fatihah dengan
lancar
: 1.2 Membaca Al-Qur’an surah Al-ikhlas
Alokasi Waktu : 3 x 35
menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa mampu membaca Q.S
Al-Fatihah dengan baik dan benar
2. Siswa mempu mengidentifikasi tajwid yang ada pada Q.S Al-Fatihah
3. Siswa mampu menghafal Q.S Al-Fatihah
4. Siswa mampu menerapkan Q.S Al-Fatihah dalam salat
5. Siswa mampu membaca Q.S Al-Ikhlas dengan baik dan benar
6. Siswa mempu mengidentifikasi tajwid yang ada pada Q.S Al-Ikhlas
7. Siswa mampu menghafal Q.S Al-Ikhlas
8. Siswa mampu menerapkan Q.S Al-Ikhlas dalam salat
Materi Pembelajaran : Menulis kalimat
Al-Quran surah Al-Fatihah dan surah Al-Ikhlas (lihat buku
pendidikan Agama Islam MODUL KOMPETENSI SISWA bab 1 hal 5-7)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih membaca kalimat dalam Al-Quran
surah Al-Fatihah dan surah Al-Ikhlas secara individu
2. Siswa
berlatih mengidentifikasi tajwid dalam Al-Quran surah Al- Fatihah dan surah
Al-Ikhlas
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Guru mengulang kembali bacaan dan uraian dalam Al-Qur’an surah Al-Fatihah dan Al-Ikhlas
dengan baik dan benar
. Memperkenalkan bahan ajar mengenai cara
membaca dan mengidentifikasi Al-Qur’an surah Al-Fatihah dan Al-Ikhlas
2. Kegiatan Inti
. Siswa
diperkenalkan membaca secara individu surah Al-Fatihah dan Al-Ikhlas
. Siswa
mengidentifikasi tajwid dalam surah Al-Fatihah dan Al-Ikhlas
3. Kegiatan Penutup
. Siswa
membaca dan memahami bacaan pada intisari (halaman 9-7)
. Siswa mengerjakan latihan yang ada di
halaman 8,9 dan 10 menuliskannya di buku tugas
Alat / Sumber
Belajar:
1. Alquran (Juz Amma)
2. Kertas karton, gunting dan spidol hitam (Index
Card Match)
3. Buku Pendidikan Agama
Islam MODUL KOMPETENSI SISWA bab 1 hal 5-7)
4. Buku tajwid atau buku-buku lain yang relevan
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekita
Penilaian:
1. Bacalah surah Al-Fatihah dan surah Al-Ikhlas
berulang-ulang dengan baik dan benar!
2. Hafalkan
surah Al-Fatihah dan surah Al-Ikhlas di depan kelas dan akan dikoreksi oleh
Bapak/Ibu guru!
Mengetahui
Kepala SD
..........................................
(_______________________)
|
|
................
, …………………… Guru pendidikan Agama Islam
(_______________________)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar