Rabu, 22 Januari 2014

PROSES PERSIAPAN MENUJU UIN



PROSES PERSIAPAN MENUJU UIN
Institut Agama Islam Negeri Walisongo merupakan perguruan tinggi islam yang berada di Semarang yang ingsya Allah sebentar lagi akan berubah status menjadi UIN, yang dulunya juga pernah dilakukan oleh UIN Sunan Kalijaga yang berada di Jogjakarta dan sebelumnya juga masih bersetatus IAIN Sunan Kalijaga. sebentar lagi perubahan tersebut ingsya Allah akan diperoleh IAIN Walisongo Semarang dalam waktu yang tidak lama lagi.
Perubahan status dari IAIN menjadi UIN adalah sebuah harapan besar menuju proses ke arah yang lebih baik dan tak adalagi kesenjangan antara ilmu agama dan ilmu umum karena pada dasarnya ilmu itu satu kesatuan sebagai bekal untuk kehidupan dinia dan juga akhirat. agar kedua ilmu itu, yakni ilmu agama dan umum berhubungan dan berkorelasi satu sama lain. Tak ada lagi dikotomi. karena, proses pendidikan yang dilakukan bisa lebih intens dan terpadu.
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang telah menargetkan perubahan status menjadi universitas Islam negeri (UIN) pada tahun ini, setelah sebelumnya rencana konversi status tersebut sempat tertunda dan tahun ini kembali diupayakan kembali.
setelah persiapan-persiapan menuju proses tersebut sudah dilakukan semaksimal mungkin tinggal menyempurnakan proposal dan selanjutnya diserahkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan).
Menurut kabar, awalnya ditargetkan perubahan status menjadi universitas dapat diwujudkan pada tahun 2012 kemarin, tetapi karena masih adanya kendala dalam beberapa hal akhirnya harapan tersebut tertunda, tetapi kembali diharapkan pada tahun ini rencana perubahan status tersebut dapat terealisasikan.
            Proses konversi IAIN menjadi UIN juga melibatkan lintas kementerian, seperti halnya Kementerian Pendidikan dan kementrian Kebudayaan, Kemenpan, dan tentunya Kementerian Agama yang selama ini menaunginya.
Dengan dipatkannya rekomendasi dari Kemendikbud, lalu diproses ke Kemenpan. Lalu Kementerian Keuangan dan finalnya di Sekretariat Negara (Setneg). diharapkan semua prosesnya berjalan lancar. Dan diharapkan nantinya perubahan bentuk IAIN menjadi UIN tidak akan menghilangkan ciri khas kajian keislaman yang selama ini sudah melekat dan menjadi identitas tersendiri, melainkan justru semakin diperkuat dengan kajian ilmu-ilmu umum.
Untuk menuju perubahan status tersebut, IAIN Walisongo Semarang sudah mempersiapkan dari berbagai aspek, seperti halnya SDM dengan menarik kembali dosen-dosen yang selama ini berstatus DPK (Dipekerjakan) ke perguruan tinggi lain. Dengan menarik sebanyak 25 dosen untuk kembali mengajar di IAIN Walisongo. 
semoga  kesiapan perubahan status IAIN Walisongo Semarang ke UIN dapat berkembang dan bersaing dengan perguruan tinggi lainya. Dan mampu membuktikan eksistensinya dikalangan nasional dan internasionaldan diharapkan juga akan merubah pandangan masyarakat menjadi lebih positif. Karena ilmu agama dan ilmu umum merupakan bekal untuk kehidupan dunia juga akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar